Get Gifs at CodemySpace.com

Sabtu, 19 November 2011

hiu tutul


Raksasa Laut, Hiu Tutul
Hiu paus atau hiu tutul (Rhincodon typus)  Panjangnya mencapai 12 meter.
Ø Hampir punah
Hiu ini termasuk ikan langka. Jumlahnya sangat sedikit. Dengan badan sebesar ini dan berat mencapai 21 ton, hanya mampu berenang dengan kecepatan sekitar 5km/jam. Yang dengan mudah ditangkap oleh pemburu. Untungnya banyak Negara yang sudah melarang penduduknya agar tidak memburu hiu tutul. Kalau tidak, mungkin hiu ini sudah punah.
Ø Hiu yang ramah
Hiu ini punya banyak gigi. Ukuran giginya kecil-kecil. Jumlah giginya sekitar 3.000 buah. Tetapi dia jarang menggunakannya. Soalnya dia hanya makan hewan-hewan kecil, seperti plankton dan larva. Jika lapar, dia hanya memasukkan air sebanyak-banyaknya ke dalam mulutnya. Lalu air itu dikeluarkan lewat lima pasang insang. Nah, di dekat insang-insangnya ada semacam spons penyaring. Hewan-hewan kecil yang tidak berhasil melewati sponsnya akan dimakan. Karena itu dia sebetulnya tidak membahayakan.
Ø Berenang ke penjuru dunia
Untuk mendapatkan makanan, dia berenang ke banyak tempat di dunia. Paling tidak, ada 100 tempat di dunia yang sering didatanginya. Seperti Australia, Filipina, Meksiko, Maladewa, Mozambik, Indonesia, dan lainnya. Semuanya daerah dengan air laut yang hangat, karena dia tidak suka tempat yang dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar